Ads (728x90)

Homemade Wood Dowel Pins Maker - Alat Untuk Membuat Paku Kayu / Paku Semat / Pantek



pantek / paku kayu

Sekali waktu mungkin Anda pernah membeli dan merangkai sendiri almari, meja komputer, atau meja belajar dari merk pabrikan dan mendapati beberapa beberapa paku semat yang terbuat dari kayu seperti gambar di atas. Atau mendapati kursi kayu peninggalan kakek yang paku sematnya mulai keluar dari sarangnya sehingga Anda harus memukulnya dengan palu.

Yap orang Jawa bilang itu Paku Pantek atau Paku Semat atau Dowel untuk kata kunci pencarian pada mesin pencari Google. Sudah tidak asing lagi bagi Tukang Kayu yang sampai saat ini masih banyak menggunakannya untuk perabot rumah tangga yang mereka buat. Bahkan masih banyak didapati Pantek itu dari bambu.

Trus, dimana ya belinya ? Cari di Toko Bangunan ternyata tidak menyediakan. Jangan khawatir, kita bisa membuatnya. Pada Video Youtube di bawah ini ditunjukkan bagaimana cara membuat sendiri alat pembuat paku semat itu. Prinsip dasarnya adalah prinsip meraut seperti rautan pensil. Yuk kita simak..





/

Once upon a time you may have to buy and assemble their own cabinets, computer desks, or desks of the brand manufacturer and found some several dowel made of wood like the picture above. Or find a wooden chair that started out of the nest so you have to hit it with a hammer.

The Javanese said PANTEK or Dowel for keywords on Google search engine. Already familiar to Carpenter that until now many use it for household furniture they make. In fact, it is still a common PANTEK of bamboo.

Then, where ya buy it? Find in Stores did not provide. Do not worry, we can make it. In the Youtube video is shown how to create your own tool maker's dowel. The basic principle is the principle of sharpening such a pencil sharpener.