Ads (728x90)

Mesin Mixer Semen (Molen) Buatan Sendiri - Homemade Concrete Mixer



Menaikkan mesin molen ke truk

Setiap kali kita akan melakukan pengecoran, baik untuk gotong royong kampung atau mungkin pembangunan rumah pribadi kita, hampir bisa dipastikan kita selalu berfikir untuk menyewa mesin molen. Terbayang sudah harga sewa, naikin ke mobil pickup, diturunkan di lokasi pengecoran, didorong, lalu setelah selesai dipulangkan lagi ke si empunya mesin molen itu. Rasanya itu molen berat sekali.

Mesin Mixer Semen buatan sendiri

Tetapi saudara-saudara kita pada Video Youtube di bawah ini, mereka berpikir lebih keras lagi untuk menciptakan sebuah mesin yang akan membantu mereka sendiri. Yap mereka telah membuat sendiri mesin pengolah semen-pasir-batu untuk pengecoran. Perhatikan bahan-bahan baku mesin itu, antara lain tabung, roda-roda gigi, dan dinamo penggerak. Tabung ada yang menggunakan ember plastik sampai drum, dari tenaga penggeraknya menggunakan dinamo motor yang tidak begitu besar dengan tenaga listrik, bahkan ada yang menggunakan pompa air. Semua bahan itu sangat mudah didapat di negara kita, saya kita di tempat rosokan otomotif dan konstruksi besi pun ada.

Disamping itu, alat ini bisa didesain lebih tinggi dari molen biasa, dan memungkinkan untuk menuangkan semen cor ini langsung ke gerobak dorong atau celeng, sehingga bisa lebih bersih. Memang kapasitasnya lebih kecil tetapi saya kira lebih efisien juga. Yuk kita simak videonya, kembangkan pemikiran Anda lebih jauh lagi, semoga terinspirasi..