Ads (728x90)

Membuat Sendiri Klakson Mobil, Dengan Paralon / Pipa PVC



Anda ingin mobil / truk / bus Anda mempunyai klakson yang sekeras klakson kereta api, yang bisa Anda buat sendiri dengan harga / biaya yang murah ?

Klakson Kereta Api buatan sendiri

Video Youtube berikut ini menunjukkan cara membuat sendiri airhorn / klakson angin yang terbuat dari bahan material PVC atau Paralon. Bahan dasarnya sering kita jumpai di toko bangunan seperti Tee, Socket, Cap, Pipa, dan lain-lain PVC. Untuk membran / diafragma Anda bisa gunakan film rontgen, karet ban dalam, lembar akrilik, tutup botol plastik yang lentur, sampai tutup kaleng aluminium. Untuk ujungnya Anda bisa memakai corong air atau corong aluminium yang dimodifikasi. Hal lain yang dibutuhkan adalah kompresor udara, yakni tabung dan atau pompa kompresor.

Berikut ini dalah video dasar pembuatannya, harapan saya Anda mengerti prinsip kerjanya lalu Anda bisa kembangkan lagi dengan lebih baik. Disimak yuk..





Untuk beberapa buah klakson dibutuhkan harmonisasi nada, ada yang bilang bahwa nada klakson harus disesuaikan dengan nada gitar yakni E, A, D, G, B. Berikut ini video petunjuk harmonisasi nada klakson atau mungkin Anda pikir lebih baik bereksperimen sendiri.

Gambar Klakson PVC / Paralon




Selanjutnya silahkan simak lagi Video Youtube di bawah ini agar Anda lebih terinspirasi lagi.