Ads (728x90)

Homemade Pool Water Heater - Membuat sendiri Pemanas Air Kolam



Saat bayi memasuki usia 40 hari, tidak jarang orang tua membawa bayinya ke baby spa untuk melatihnya berenang di dalam kolam kecil dengan air hangat. Atau bagi Anda yang tinggal di pegunungan, mempunyai kolam kecil tapi airnya sangat dingin sehingga Anda malas untuk berenang. Mungkin Anda pernah mengalami seperti yang Saya alami, merebus air sampai 4-5 ceret untuk mengisi kolam tetapi hasilnya sia-sia karena airnya tetap tidak hangat.

Sebagian orang akan merasa sayang water heaternya yang bermerk seperti Wasser, Maspion, Modena, sampai Wika, dan lain sebagainya digunakan untuk memanaskan air yang memang membutuhkan waktu yang cukup lama dengan debit air kecil. Saya akan berikan tips bagaimana cara menghangatkan air kolam, atau lebih tepatnya cara mengisi kolam dengan air panas dari Video Youtube tentunya dengan cara yang efektif dan efisien.

Ada beberapa variasi cara disini, tetapi pada intinya, bahan dasarnya adalah pipa tembaga dan tungku / kompor dengan energi api sebagai pemanasnya. Simak beberapa gambar berikut ini,

pemanas air dengan kompor gas

Ini adalah tehnik paling dasar, gulung spiral pipa tembaga lalu memanaskannya di atas kompor gas, kemudian memasukkan air melalui pipa itu.

pemanas air dengan arang di dalam ember

pemanas air dalam tungku bakar

Gambar di atas pemanasannya menggunakan arang kayu atau batubara, kalau inisiatif Saya adalah menggunakan drum yang dibelah sebagai tungkunya, lalu spiral tembaga diletakkan dalam tungku itu lalu tungku diisi dengan arang dan dikipasi. Kemudian air dilewatkan spiral pipa itu.

Untuk cara membuat spiral tembaga tanpa penyok Anda bisa mempelajari caranya DISINI

pemanas air dengan pipa tembaga dipanggang di atas kompor

pemanas air dengan pipa tembaga dipanggang di atas kompor

pemanas air dengan pipa tembaga dipanggang di atas kompor

Berikutnya dengan memanggang rangkaian pipa tembaga di atas kompor. Cara ini memang sangat membutuhkan biaya dan kemahiran Anda dalam mengelas pipa tembaga. Tetapi cara ini memang tepat, cepat, efektif, dan efisien. Berikut ini Video Youtube yang mungkin akan membantu Anda.







Cara selanjutnya adalah menggunakan limbah bekas radiator yang sudah tidak layak terpasang di mobil seperti pada video berikut ini,


Bagaimana ? Apakah Anda sudah terinspirasi ? Selamat Bereksperimen..


When the baby is entering the age of 40 days, it is not uncommon parents bring baby to baby spa to practice swimming in a small pond with warm water. Or for those who live in the mountains, has a small pool but the water was very cold so you lazy to swim. Perhaps you have experienced as I experienced, boiling water until 4-5 kettles to fill the pool but the results are worth it because the water remains warm.

Most people would feel pity water heaternya branded as Wasser, Maspion, Modena, to WIKA, and so forth are used to heat water that does require quite a long time with a small water discharge. I will give tips on how warm the pool water, or rather how to fill the pool with hot water from the Video Youtube course with an effective and efficient manner.

There are several variations of the way here, but in essence, the material is essentially a copper pipe and furnace / stove with fire energy as the most basic pemanasnya.Tehnik, roll spiral copper pipe and then heating it on a gas stove, and then enter the water through the pipe.

There are heating using wood charcoal or coal, if I was using a drum initiative is cleaved as a furnace, then spiral copper placed in the furnace and the furnace filled with charcoal and fanned. Then the water is passed spiral pipe.

For how to create a spiral copper without a dent you can learn how HERE

Next to the copper pipe circuit grilling on the stove. This method is very costly and your proficiency in welding copper pipe. But this is the right way, quickly, effectively, and efficiently. The following YouTube video that might help you.

The next way is to use the former waste that is not feasible radiator installed in the car.

Have you been inspired ? Happy Experimenting ..